10 Aktivitas Menyenangkan untuk Melatih Kemampuan Berpikir Cepat

1. Bermain puzzle

Permainan puzzle sangat populer dari berbagai kalangan. Berdasarkan penelitian, menyusun potongan gambar menjadi satu kesatuan yang utuh ternyata bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan merupakan faktor pelindung untuk penuaan kognitif visuospatial.

2. Bermain kartu 

Bermain kartu juga bisa  meningkatkan volume otak dalam beberapa wilaya untuk orang dewasa, hal ini berdasarkan penelitian tahun 2015. Studi yang sama juga menemukan bahwa bermain kartu dapat meningkatkan kemampuan memori dan berpikir.

3. Meningkatkan Kosakata

Sudah berapa ribuan kosakata yang kamu ketahui sahabat fimela? Meningkatkan kosakata bisa menjadi permainan menstimulasi otak. Penelitian menunjukkan bahwa banyak wilayah otak terlibat dalam tugas kosakata, terutama di area yang penting untuk pemrosesan visual dan auditori. Yuk, mulai tingkatkan kosakata. 

4. Menari

Kegiatan menari tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga membawa manfaat bagi kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa menari dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan otak serta kemampuan memori seseorang. Hal ini menunjukkan bahwa menari bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga merupakan latihan bermanfaat bagi keseimbangan mental dan fisik.

5. Belajar Keterampilan Baru 

Mengeksplor keterampilan baru akan tidak hanya menjadi hal menyenangkan dan menarik, tetapi juga membantu memperkuat hubungan dalam otak. Belajar keterampilan baru akan meningkatkan fungsi otak memori pada orang dewasa. 

6. Mengajarkan Keterampilan baru pada orang lain 

Jika hanya memendam keterampilan Sahabat Fimela, lama kelamaan akan pudar. Maka dari itu, cobalah mengajarkan keterampilan tersebut untuk memperluas pembelajaran. Mengajarkan keterampilan baru kepada orang lain tidak hanya membantu mereka, tetapi juga memperkuat pemahaman dan penguasaan kita terhadap materi tersebut. Selain itu, dengan mengajar, kita dapat melihat sudut pandang baru dan meningkatkan kemampuan komunikasi kita. Hal ini memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan membentuk hubungan yang kuat dengan orang lain melalui saling berbagi pengetahuan.

Baca Juga  Nona Rara Batik Raih Penghargaan “The Leading UMKM Brand in DIgitalization” di Gelaran UMKM Summit 2024

7. Mendengarkan atau Memainkan Musik 

Musik sudah menjadi bagian hidup Sahabat Fimela , bener ga nih? Atau ada yang hobi bermusik? Mendengarkan atau memainkan musik bukan hanya sekadar hobi, tetapi juga merupakan kegiatan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan otak. Saat kita terlibat dalam aktivitas musik, seperti mendengarkan lagu favorit atau memainkan alat musik, otak kita merespons dengan meningkatkan pemikiran kreatif dan menguatkan kapasitas kognitif. Hal ini dapat memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, dan merangsang berbagai area otak yang terlibat dalam proses berpikir dan emosi.

8. Mengambil Rute Baru 

Perjalanan menuju kantor sepertinya membosankan, apakah Sahabat Fimela sudah mencoba rute baru? Pilih rute yang berbeda untuk pergi ke tempat kerja setiap minggunya atau coba mode transportasi yang berbeda. Otak bisa mengambil keuntungan dari perubahan sederhana ini. Gimana, mau mencoba? 

9. Meditasi 

Praktik meditasi menjadi semakin relevan dalam menghadapi kehidupan yang penuh dengan tekanan dan kesibukan. Dalam meditasi, Sahabat Fimela dapat menemukan ketenangan dan kedamaian di tengah hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Selain menyediakan rasa damai, meditasi juga telah terbukti meningkatkan kemampuan memori serta proses pengolahan informasi dalam otak.

10. Mempelajari Bahasa baru 

Kegiatan satu ini memang sulit dilakukan, tetapi banyak manfaat kognitif dari kemampuan berbicara lebih dari satu bahasa menurut penelitian tahun 2012. Kegiatan ini dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi mental  lainnya dengan menjadi pelajar bahasa baru kapanpun dalam hidup. 

 

Penulis: Naela Marcelina.

#unlocking the limitless

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *