Atur Pola Makan, Berikut Tips untuk Jalani Puasa yang Sehat

Gizi seimbang

Saat berpuasa, umat Islam hanya dapat mengonsumsi makanan dan minuman di waktu sahur dan berbuka puasa. Dengan sempitnya waktu yang ada, Sahabat Fimela harus memastikan bahwa gizi yang diterima tubuh seimbang. Dari Eatwell Guide yang ada pada laman earlystartgroup.com, terlihat bahwa makanan yang dikonsumsi haruslah meliputi 4 aspek tersebut, yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran, karbohidrat, protein, dan produk susu.

Selama berpuasa, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula karena makanan-makanan tersebut tidak akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh, seperti kalsium atau vitamin. Alih-alih mengonsumsi makanan seperti itu, Sahabat Fimela dapat mengonsumsi makanan seperti ikan, roti, pasta, kentang, hingga yoghurt.

Sahur

Saat sahur, Sahabat Fimela harus memenuhi energi yang dibutuhkan tubuh untuk bertahan hingga waktu buka puasa. Sahabat Fimela dapat mengonsumsi whole-grain bread dan gandum. Sahabat Fimela dapat menambahkan buah, susu, atau kacang-kacangan untuk menambahkan rasa. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat mengonsumsi nasi dengan sayur-sayuran untuk memenuhi energi yang dibutuhkan tubuh, tentu dengan protein. Sahabat Fimela juga dapat mengonsumsi produk susu, seperti yoghurt yang merupakan sumber kalsium dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat sahur, pastikan Sahabat Fimela tidak kekurangan cairan dengan mengonsumsi banyak air mineral dan mengurangi konsumsi kafein.

Buka Puasa

Para umat Islam biasanya berbuka dengan mengonsumsi kurma. Kurma menyediakan kadar energi yang dibutuhkan tubuh dan juga memberikan tubuh kadar vitamin dan mineral yang berkurang selama masa berpuasa. Saat berbuka puasa, Sahabat Fimela juga harus mengonsumsi banyak air mineral agar tidak dehidrasi.

Saat berbuka puasa, seringkali kita ingin memakan seluruh makanan yang tersedia. Namun, demi kesehatan tubuh, hindari makanan-makanan yang digoreng dengan metode deep-fried. Hindari juga makanan yang tinggi gula dan lemak. Alih-alih mengonsumsi makanan-makanan tersebut, Sahabat Fimela dapat mengonsumsi makanan yang minim minyak, seperti olahan makanan yang dipanggang atau dikukus.

Baca Juga  5 Jenis Fobia Komitmen yang Membuat Seseorang Enggan Menjalin Hubungan Serius

 

Bulan Ramadan tidak hanya seputar menahan lapar dan haus, tetapi terdapat manfaat yang ada di baliknya bagi tubuh manusia. Dilansir dari thedailystar.net, berikut adalah manfaat berpuasa bagi tubuh manusia!

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *