Hari Perempuan Sedunia 2024: Kisah Inspiratif dari Tokopedia dan Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal

Fimela.com, Jakarta Mengutip Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus naik setiap tahunnya. Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar 

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia, menyampaikan, “Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu,” dalam Konferensi Pers Virtual yang digelar Tokopedia, pada (6/3).

Sedangkan, tambah Rizky, beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu Perawatan Hewan, Buku, Perlengkapan Pesta, Pertukangan serta Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Sekolah.

Di sisi lain, tema yang diusung pada Hari Perempuan Sedunia 2024 adalah ‘Berinvestasi pada perempuan: Mempercepat Kemajuan’. Artinya, upaya pencapaian kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan di semua aspek kehidupan adalah tugas seluruh masyarakat dunia demi menciptakan perekonomian yang sejahtera serta kehidupan yang sehat untuk generasi mendatang.

Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal. Selain itu, berangkat dari semangat tersebut, Tokopedia juga turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Dinilai Ramah Lingkungan, Plaza Indonesia Raih Sertifikasi Gold dan Platinum dari Green Building Council Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *