“Kartini Jaga Bumi”, Tokopedia Sambut Meriah Hari Kartini dan Hari Bumi

Selain berikan dukungan pada perempuan pelaku usaha, Tokopedia juga berikan dukungan pada bisnis ramah lingkungan. Melalui Tokopedia Hijau, Tokopedia memberikan ruang bagi para bisnis ramah lingkungan untuk menampilkan produk-produknya. Salah satu tantangan terbesar bisnis ramah lingkungan adalah harga. Harga dari produk-produk ramah lingkungan cenderung sedikit atau jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan produk-produk konvensional. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya harga bahan-bahan pokok dari produk tersebut. 

Klandizie dan Serenitree selaku UMKM yang bergerak di bisnis ramah lingkungan juga merasakan tantangan yang sama. Namun, keduanya menegaskan bahwa mereka menjual value yang ada dari produknya. Terlebih, terdapat produk-produk yang dibuat untuk penggunaan jangka panjang, sehingga masyarakat tidak perlu sering-sering membeli yang baru. 

Di tengah terpaan tantangan bisnis ramah lingkungan, dua perempuan pelaku UMKM ramah lingkungan ini tidak gentar dan terus mengupayakan produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi penggunanya serta bermanfaat bagi alam sekitarnya. Sandra Djajadisastra, owner Serenitree, menyatakan bahwa Serenitree lahir dari kebutuhannya akan produk yang ramah dan lembut bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Ia memormulasikan sabun organik yang cocok bagi para kulit sensitif.  Sebagai salah satu bisnis ramah lingkungan, Serenitree tidak menggunakan seal plastik dan kemasannya dapat didaur ulang agar lebih ramah lingkungan. Selain itu, produk-produknya juga menggunakan bahan alami, seperti minyak kelapa, ekstrak sereh, kunyit putih, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Amanda, Co-Founder Klandizie, menyatakan bahwa Klandizie hadir dari ketertarikan akan barang-barang ramah lingkungan. Amanda berharap produk-produknya dapat bermanfaat bagi penggunanya dan juga tetap berkontribusi menjaga alam sekitarnya. Ia memproduksi produk-produk perlengkapan kebersihan tubuh, seperti sikat gigi dan sisir dari bambu. Klandizie berusaha keras mengurangi plastik berbasis minyak bumi, baik pada produk maupun kemasan, serta bahan yang digunakan mayoritas berasal dari Jawa Barat. Brand ini juga turut memberdayakan para perajin dari Bandung, Cimahi, dan juga Banten.

Baca Juga  3 Rekomendasi Film tentang Perjuangan Perempuan dalam Pendidikan

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *