Kembali Menjalankan Aktivitas, 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Olahraga

Setelah melahirkan, kamu bisa mulai melakukan latihan perut dan dasar panggul untuk membantu memulihkan kekuatan dan kebugaran kamu. Latihan ini tidak hanya aman, tetapi juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang umum terjadi setelah melahirkan.

Latihan perut

Latihan perut bertujuan untuk memperkuat otot-otot perut, termasuk otot-otot perut bawah yang penting untuk menjaga kontinensia. kamu bisa melakukan latihan perut dalam berbagai posisi, seperti duduk atau berbaring.

Untuk melakukan latihan perut, tarik perut bagian bawah ke arah tulang belakang. Tahan selama 5 detik, lalu rileks. kamu bisa mengulangi latihan ini 5 hingga 10 kali.

Latihan dasar panggul

Latihan dasar panggul bertujuan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul, yang membantu menjaga kontinensia dan mendukung organ-organ panggul.

Untuk melakukan latihan dasar panggul, duduk dan condongkan tubuh sedikit ke depan dengan punggung lurus. Remas dan angkat otot-otot di sekitar vagina kamu. Tahan sambil menghitung sampai 5, lalu rileks. kamu bisa mengulangi latihan ini sekitar 10 hingga 15 kali.

Selain latihan perut dan dasar panggul, kamu juga bisa melakukan latihan lain yang aman setelah melahirkan, seperti berjalan, berenang, yoga, pilates, atau aerobik berdampak rendah.

Hindari aktivitas tertentu

Setidaknya selama 3 bulan, cobalah untuk menghindari mengangkat beban berat, sit up, dan aktivitas aerobik intensitas tinggi seperti lari dan tenis.

Tips

  • Mulailah dengan perlahan dan tingkatkan intensitas olahraga kamu secara bertahap.                   
  • Dengarkan tubuh kamu dan istirahat jika perlu.               
  • Konsultasikan dengan dokter atau bidan kamu jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang olahraga setelah melahirkan.

Quoted From Many Source

Baca Juga  7 Tanda Sahabat Sejati dari Caranya Menghargaimu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *