Membagi Tugas dan Aktivitas menjadi 4 Kuadran, Berikut Tips Mengatur Waktu di Tengah Kesibukan Dengan Time Management Matrix

1. Buat list dan tenggat waktu dari setiap tugas yang dikerjakan

Sebelum menggunakan time management matrix, kamu harus tahu dulu mengenai tenggat waktu dari tugas-tugas yang kamu kerjakan. Pertama kamu buat list tugas-tugas yang sekiranya kamu lakukan dalam waktu tertentu misalnya 1 bulan atau bahkan setiap hari. Jangan lupa untuk menulis tenggat waktu dari masing-masing tugas. Dari sinilah kamu bisa tahu tugas mana yang memiliki tenggat waktu lebih cepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan planning skillmu. 

2. Identifikasi tugas atau pekerjaan yang dilakukan 

Step selanjutnya dalam menggunakan time management matrix adalah untuk mengatur hal-hal yang sekiranya penting baik dalam ranah aktivitas serta pekerjaan. Analoginya kita masukkan batu ke dalam toples, dapatkah kita membuat space yang cukup untuk semua batu? Tentu tidak bukan. 

Lain hal nya jika kita memisahkan antara batu berukuran besar dan kecil kemudian kita masukkan ke dalam toples. Dimulai dari batu berukuran besar kamu akan melihat adanya space lebih, semuanya diatur tanpa adanya gangguan. Sama halnya dengan pengaturan tugas sesuai dengan kategori terpenting dan paling urgent, kita dapat menyelesaikannya dengan baik. 

3. Jadilah orang yang mindful 

Ketika bekerja dalam sebuah projek, kamu harus menjadi orang yang mindful dan responsible. Dengan mengamati secara mendalam serta membaginya dalam beberapa kelompok secara tepat, kamu dapat menyelesaikan bagian tersebut dengan baik tanpa adanya gangguan atas bagian-bagian mana yang belum terselesaikan. 

4. Belajar untuk menyatakan kata tidak pada hal-hal yang kurang penting 

Dalam sekeliling kita, tentunya kita dituntut untuk melakukan aktivitas yang tentunya dengan cara profesional termasuk dalam kondisi personal serta berhubungan dengan pihak lain. Terkadang, kita terlalu banyak dengan rutinitas yang sangat menyita energi dan tentunya dapat menjadi kurang penting atau tidak menjadi bagian dalam pekerjaan yang dilakukan.

Baca Juga  5 Zodiak yang Dikenal Boros dan Suka Belanja Barang Mahal

Memang benar membantu menyelesaikan dalam konteks membantu meringankan kerja orang lain sangat bagus akan tetapi ketika kamu benar-benar tidak dapat membantunya, kamu harus berani untuk menyatakan kata tidak, sebab bukan menjadi masalah untuk melakukan hal-hal kurang penting dan malah menghemat waktu dan energimu. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Unlocking the Limitless 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *