Meningkat, Menurun, atau Stabil? Yuk, Cari Tahu Hubungan IQ dengan Usia

Louis Matzel, seorang ahli dari Rutgers University in Genetics, Psychology, Neuropsychology menyatakan bahwa IQ akan sangat jarang ditemui menurun karena faktor penuaan. Walaupun tingkat IQ dapat berubah secara individu, tetapi seacra populasi, IQ cenderung stabil. Namun, IQ yang stabil tidak berarti kemampuan diri ini tidak berubah sama sekali ketika menua. IQ adalah sebuah nilai yang menghitung kemampuan dengan orang-orang seusia kita. Jika tingkat IQ Sahabat Fimela tinggi dibandingkan orang-orang 20 tahun pada umumnya, biasanya tingkat IQ Sahabat Fimela juga akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang-orang di usia tua nanti. Kemampuan diri berubah, tetapi skor IQ cenderung stabil seiring berjalannya waktu.

Hynek Cígler, seorang ahli dari Masaryk University in Psychology, Quantitative Psychology, Psychometrics, Intelligence menyatakan bahwa IQ sangat amat jarang terjadi penurunan IQ akibat usia. Cígler menyatakan bahwa tingkat kecerdasan seseorang dapat berubah seiring berjalannya waktu, tetapi tidak dengan IQ. Pengukuran ini akan berada di jumlah yang sama kapanpun diuji. Tingkat kecerdasan seseorang meningkat pada umur 20—50, sementara itu pada usia lanjut, tingkat kecerdasan seseorang menurun. Namun, kembali ke apa yang sudah disampaikan sebelumnya, IQ akan stabil dan tidak menurun.

Julia Strait, seorang ahli dari Stepping Stone Therapy in Psychology, Traumatology, Anxiety menyatakan bahwa IQ mungkin berubah seiring bertambahnya usia. Penelitian telah menunjukkan bahwa skor IQ tidak stabil dan dapat berubah. Hanya sebesar 50% IQ yang dapat diwariskan, selebihnya adalah faktor dari lingkungan yang turut berkontribusi dalam peningkatan maupun penurunan IQ. hal itulah yang menyebabkan perubahan skor IQ dari waktu ke waktu. Skor IQ bukanlah skor yang sesungguhnya, tetapi hanya sebagai sebuah estimasi atau perkiraan. Semua perkiraan yang ada sudah termasuk dengan kesalahan/error di dalamnya, begitu pula dengan IQ skor, ia juga memiliki error di dalamnya. Skor ini akan berubah sedikit-sedikit dari satu tes dengan tes yang lain.

Baca Juga  5 Arti Mimpi Anak Tumbuh Gigi, Menunjukkan Berbagai Pertanda

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *