Panduan Tata Cara Puasa Senin Kamis, Lengkap Beserta Niat dan Manfaatnya

Puasa Senin Kamis yang kamu kerjakan tidak hanya akan menambah pahala dan ketakwaan kepada Allah SWT, tetapi juga memberikan banyak manfaat untukmu. Manfaatnya mulai dari segi kesehatan, mental, hingga kepribadian. Berikut manfaat puasa Senin Kamis yang perlu kamu tahu:

Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Berpuasa dapat menjadikan tubuh lebih sehat, hal ini juga sudah sering dibuktikan kebenarannya secara medis karena dengan berpuasa, sistem pencernaan akan lancar dan sehat. Selain itu, berpuasa Senin Kamis juga dapat melatih kecerdasan emosional sehingga kamu dapat mengontrol diri dan tidak mudah mengalami depresi.

Mampu Menguatkan Jiwa

Berpuasa Senin Kamis juga mampu menguatkan jiwa karena puasa sunnah ini digambarkan layaknya sebuah perisai untuk kejiwaan. . Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Selama berpuasa, kamu dituntut untuk melawan hawa nafsu dan lebih bisa bersikap sabar dalam menghadapi setiap cobaan yang hadir. Kamu juga akan merasa tenang selama berpuasa karena amalan ini juga meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Melatih Diri dari Kebiasaan Buruk

Selanjutnya, manfaat puasa Senin Kamis juga dapat melatihmu untuk mengurangi kebiasaan buruk yang biasanya kamu lakukan. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula atau makanan-makanan manis. Sehingga jika kamu berpuasa, konsumsi makanan atau minuman tersebut menjadi berkurang.

Menjadi Lebih Disiplin

Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah dapat melatih seseorang untuk selalu disiplin dalam segala hal. Hal ini, secara tak langsung kamu merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang kamu lakukan, sehingga kamu akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal yang dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasa.

Baca Juga  6 Alasan Seseorang Bisa Menangis Tanpa Sebab yang Jelas

Selain itu, dengan berpuasa kamu akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang pastinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

Latihan Melawan Hawa Nafsu

Manfaat puasa senin kamis lainnya adalah memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah ini, jalan setan untuk memperngaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Kalau sudah begitu, hal ini dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia untuk berbuat maksiat atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT. Dengan begitu, kamu bisa meredam hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak dibolehkan oleh Allah SWT.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *