Tips Bersihkan Karat Pada Peralatan Dapur Berbahan Besi di Rumah

1) Bersihkan karat membandel dengan cuka putih

Cuka putih memang terkenal akan kegunaannya dalam peralatan rumah tangga, ternyata cuka juga dapat membantu untuk membersihkan karat pada peralatan dapur sekalipun. “Cuka putih menjadi salah satu bahan yang mudah ditemukan.” kata Steve Elliott, pemilik perusahaan yang bergerak dibidang pemeliharaan kerusakan akibat air bernama Restoration. “Kamu tinggal masukkan saja peralatan dapur yang berkarat pada sebuah wadah yang sudah diberikan rendaman cuka putih. Diamkan selama 24 jam untuk hasil yang maksimal.” tambahnya. 

Setelah direndam semalaman bisa keluarkan dan gunakan kuas untuk mengangkat sisa-sisa karat yang masih menempel. Jika masih belum hilang bisa ulang kembali proses perendaman dengan waktu yang lebih lama dan kuas kembali. Setelah seluruh karat menghilang, bilas peralatan dapur dan keringkan. Peralatan dapur yang berkilau serta tanpa karat siap kembali untuk digunakan. 

2) Bersihkan karat membandel dengan soda kue 

Soda kue juga bagus untuk membersihkan peralatan dapur berbahan besi seperti pisau. Untuk menggunakannya kamu bisa campurkan soda kue bersama dengan air sampai membentuk tekstur pasta. Setelah itu gunakan tangan atau sikat gigi untuk mengoleskan soda kue ke peralatan dapur yang ingin kamu bersihkan. Pastikan juga sudah dioleskan secara merata dan tertutup. Biarkan campuran soda kue tadi menempel selama beberapa jam. Kemudian gunakan kain berbahan wool atau kuas untuk mengangkat serta membersihkan karat. Cuci bersih dan keringkan. Peralatan dapurmu bisa kamu gunakan kembali.

3) Bersihkan karat membandel dengan lemon dan garam 

Kedengarannya malah seperti komposisi membuat salad, terdengar aneh namun ini juga cara efektif untuk bersihkan karat yang menempel. Ketika lemon dikombinasikan dengan garam khususnya garam kosher akan menciptakan peralatan dapur menjadi kinclong kembali. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu lapisi peralatan dapur yang berkarat dengan garam kemudian peras lemon di atas peralatan yang sudah terlapis dengan garam tadi. Biarkan campuran keduanya menyatu selama 2 jam kemudian gunakan sisa-sisa lemon untuk mengangkat karat yang menempel. Jika masih ada, kamu bisa gunakan kain atau kuas untuk mengangkatnya. Kemudian cuci bersih dan keringkan.

Baca Juga  Mengenal Ableisme, Diskriminasi terhadap Penyandang Disabilitas

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *