Dinkes DKI Sebut Polusi Bukan Penyebab Tunggal Gangguan Kesehatan

Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengatakan gangguan kesehatan pada manusia bisa disebabkan berbagai faktor. Polusi udara disebut bukan satu-satunya penyebab.
 

“Polusi udara bukanlah penyebab tunggal yang berdampak terhadap gangguan kesehatan masyarakat di Jakarta,” kata kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan tertulis, Rabu, 16 Agustus 2023.
 

Ani mengatakan gangguan kesehatan disebabkan multi faktor yang berperan dan saling memengaruhi. Faktor tersebut, yakni manusia, lingkungan, dan agen penyakit seperti bakteri, virus, serta jamur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dalam upaya mengendalikan dan mengantisipasi penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) akibat kualitas udara tidak sehat, Dinkes DKI menerapkan langkah preventif promotif,” ujar dia.


Ani menjelaskan upaya itu ialah mengedukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat. Baik di sekolah, lingkungan permukiman, dan tempat kerja.
 

“PHBS yang dimaksud seperti tidak merokok, melakukan aktivitas fisik, makan-makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” papar dia.
 

Selain itu, masyarakat diimbau mencuci tangan dengan sabun dan mengelola stres. Kemudian memakai masker pada kelompok rentan dan orang dengan kondisi kesehatan khusus.
 

“Kita harus bertanggungjawab terhadap kesehatan kita sendiri dan orang lain,” ucap Ani.

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(LDS)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Petugas Siaga Atasi Karhutla di Area Tol Kayuagung-Palembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *